FITHRAH

Manusia dilahirkan sebagai orang sukses. Proses hidup sesungguhnya adalah proses mempertahankan kesuksesan tersebut. Bukan mencarinya kemana-mana. Bila anda telah sangat jauh dari fithrah anda itu, kembalilah. Lakukan perjalanan ke dalam sang diri. Kembali lah pada kesuksesan hakiki anda

Jumat, 13 Juni 2008

STANDAR DIRI

(Materi Siaran Acara The Power of Life di Trijaya 104,6 FM Jakarta. Setiap Kamis, Pkl. 05.00 - 06.00 oleh Supardi Lee)

Ketika saya tetapkan standar pada diri sendiri, saya merasakan kekuatan yang luar biasa. Saya benar-benar terkendali, yakin, dan fokus. Berbagai masalah yang datang bisa saya sikapi dan pecahkan dengan sangat baik. Dan sekarang, saya ingin berbagi kekuatan itu dengan anda.

Terkendali.
Saudara, bila anda ingin sukses, anda harus bisa mengendalikan diri. Anda tidak pernah tergoda oleh sesuatu yang buruk. Anda benar-benar tahu mana batas baik dan buruk. Anda pun menetapkan standar : hanya melakukan yang baik. Hanya dengan berada dalam batas-batas kebaikan anda akan dapat mengendalikan diri.

Keyakinan yang mantap.
Keyakinan adalah bahan bakar aksi. Tanpa keyakinan, anda tak akan beraksi. Kalaupun beraksi, maka aksi anda berantakan. Untuk itu, tetapkan lah standar kualitas diri anda dengan penuh keyakinan. Dalam dunia professional, standar itu bentuknya : Berapa anda mau dibayar untuk keahlian anda. Jadi, ukurannya uang. Anda menetapkan harga anda dengan yakin. Tanpa keraguan. Tandanya yakin, anda tidak mau menerima harga yang lebih rendah dari harga yang telah anda tetapkan.

Contoh bagus diberikan Sylvester Stallone. Ia tetapkan standar Menjadi Aktor. Dalam perjalanan karirnya, ia ditawari untuk hanya menjadi penulis skenario. Dengan tegas ia tolak. Padahal, seorang produser sempat menawarinya harga sampai US$ 1 juta untuk naskahnya, asal bukan ia yang membintangi film tersebut. Stallone menolak. Ia telah tetapkan standar bagi dirnya sendiri : Menjadi aktor, bukan penulis skenario. Maka sang produser pun setuju. Stallone menjadi aktor utama. Dan filmnya meledak di pasar. Judul film itu Rocky. Stallone pun berhasil menjadi bintang besar.

Fokus
Banyak orang yang loncat-loncat, serabutan, kerja atau bisnis apapun asal dapat uang. Bila anda begini, berarti anda tidak fokus. Akibatnya, anda tidak akan pernah bisa berkembang dan maju. Kemajuan dicapai hanya bila anda fokus. Tidak fokus hanya membuat sumberdaya anda terbuang, mungkin untuk sesuatu yang kecil sekali nilainya. Anda diombang-ambing oleh berbagai peluang yang berseliweran di sekitar anda. Percayalah, bila anda tidak fokus, peluang-peluang itu, meskipun selalu ada, tapi tidak akan cukup untuk membuat anda maju. Jadi, tetapkan standar bidang anda. Anda pun hanya menerima dan memburu peluang di bidang anda itu. Peluang-peluang lain, anda lupakan saja dan ucapkan terima kasih. Anda fokus.

Saya ada teman yang loncat-loncat terus bisnisnya. Pertama, ia menjadi agen asuransi. Tiga bulan, ganti bisnis menjadi konveksi. Beberapa bulan kemudian bisnis aquarium. Beberapa bulan bisnis aquarium, bisnisnya ganti lagi mendirikan perusahaan production house. Setelah itu, saya nggak nyinggung-nyinggung lagi tentang bisnisnya. Saya hanya menyiapkan diri bila ia minta bantuan saya.
Saudara yang baik, tetapkan lah standar-standar diri anda. Hal-hal teknis pun bagus bila distandarkan. Misalnya waktu anda tidur, waktu anda bangun tidur, jenis pakaian anda, buku yang anda baca, waktu menonton TV dan sebagainya. Standar-standar itu akan sangat membantu anda.

Sama dengan perusahaan. Tiap perusahaan mempunyai standar. Dengan standar-standar itu lah perusahaan beroperasi. Makin tinggi kualitas standar sebuah perusahaan, makin sukses perusahaan tersebut. Nah, saatnya anda memperlakukan diri anda sendiri seperti sebuah perusahaan.

2 komentar:

afifah mengatakan...

saat pertama kali saya membaca blogger ini saya sangat tertarik, karena sejauh yang saya tau/baca semuanya itu membawa saya sedikit demi sedikit untuk merubah diri saya menjadi lebih baik dari sekarang.

afifah mengatakan...

supardi lee, pedoman hidupku""""""""""